hgdfdkgnkgfklgdkgdfklgdkllk

Feb 23, 2014

Inilah Alasan Mengapa 70% Siswa SMA Tidak Suka Fisika


Kali ini gue mau menguak rahasia mengapa mata pelajaran FISIKA sangat tidak disukai oleh lebih dari 70% siswa.

Menurut survey dari lembaga bimbel di tangerang, dari 100 siswa, 77 siswa memilih mata pelajaran FISIKA sebagai mata pelajaran yang TIDAK MEREKA SUKAI. Alasannya?

Berikut gue akan rangkum alasan mengapa mereka yang 70% ini yang juga tentu saja mewakili semua siswa siswi SMA se Indonesia TIDAK SUKA FISIKA.

1. Terlalu Banyak Rumus 



Ya, terlalu banyak rumus gan. Memang gue akui untuk yang satu ini. Gue pernah membuat modul Fisika untuk SMA. Kalau semua rumus rumus Fisika selama SMA itu digabung, maka akan ada lebih dari 180 rumus gan!! itu baru rumus yang utama nya aja. Belum rumus rumus turunannya. Secara kan di Fisika banyak juga rumus turunannya.

2. Butuh Analisa Yang Super



Fisika tidak selalu soal rumus gan. Ada beberapa bab yang butuh analisa mendalam terlebih dahulu, baru bisa kita masuk ke rumus dan kita hitung. Contohnya bab Vektor, Kinematika gerak, Dinamika gerak, Torsi, Inersia, Katrol, Aplikasi Hukum Newton, dll. Nah dalam hal menganalisa ini siswa sangatlah lemah. Kecuali memang siswa yang daya analisanya tinggi. Kalau siswanya sekolah malas malasan aja, yaaa,,, lewatlah sudah.

3. Guru Yang Killer



Tidak bisa dipungkiri gan, hampir semua (tidak semuanya lho ya ) guru fisika itu galak galak. Kenapa? Karna kalo tidak galak maka anak anaknya pada ngobrol aja nanti dan pasti tidak fokus. Secara kan anak SMA hobi ngobrol, apalagi main HP,hehehe

4. Buku Yang Tidak Memadai



Buku adalah jendela ilmu gan. Tapi, kalau bukunya tidak memadai gimana tuh gan? Beberapa buku paket sekolah sekarang kebanyakan isinya singkat singkat, tapi soal latihannya buanyaaakkkk. Alhasil siswa bingung deh tu. Saran gue, pilihlah buku yang isinya lengkap. Ada contoh soalnya, ada pembahasannya juga, dan ada soal latihanya. Berimbang gan. Jangan beli buku yang isinya soal aja tapi tidak ada pembahasannya, atau jangan beli buku yang isinya soal semua, tapi jawabannya hanya berupa kunci A,B,C atau D tidak ada pembahasannya sama sekali.

5. Kurangnya Waktu Untuk Belajar



Jaman sekarang jam sekolah siswa apalagi siswa SMA panjang gan, bahkan kadang melebihi jam kerja karyawan. Mereka berangkat pagi pagi sekali, apalagi yang rumahnya jauuuhhhh dari sekolah, mereka udah berangkat dari subuh. sekolah pulang siang. Belum pulang sekolah harus Ekskul, atau kumpul organisasi ini, organisasi itu, belum lagi harus les/bimbel, belum lagi jalanan pulang macet, ditambah pula dengan PR setumpuk dari semua pelajaran,,, hhuuwwwwaaaaaaa,,,,,, stress gan. Kapan siswa bisa mendalami Fisika yang butuh pendalaman serius ini?


EmoticonEmoticon